tattoos

Friday, January 28, 2011


Sejumlah bintang-bintang di ruang angkasa, bergerak sangat cepat dari satu sudut langit ke sudut lainnya, melesat cepat bak peluru. Bahkan, beberapa di antaranya, terlihat seperti anak panah yang siap melesat ke sasarannya.


Teleskop Ruang Angkasa Hubble, berhasil merekam beberapa di antaranya. Ilmuwan Badan Antariksa AS (NASA), Raghvendra Sahai, dari Laboratorium Propulsi Jet di Pasadena, California, AS, menggambarkan betapa mengejutkan perilaku bintang-bintang yang tergolong muda ini.

"Saat saya melihatnya pertama kali, saya katakan "WoW", ini seperti peluru melesat di ruang antar bintang. Mata Hubble yang tajam, merekam struktur dan bentuk bow shock-nya," ujar Sahai yang sejauh ini telah menemukan 14 bintang seperti itu bersama timnya.

Saat menembus gas antar bintang, kanan kirinya membara, karena gesekan akibat tekanan tinggi. Efek bow shock ini membentuk struktur anak panah dan jejak gas membara di belakangnya seperti permukaan air yang pecah saat kepala melaju kencang di permukaan laut.

Dengan memperkirakan kecepatannya, umur bintang-bintang tersebut diperkirakan baru satu juta tahun. Ukurannya berapa kali lebih besar daripada Matahari. Kecepatan geraknya mencapai 180.000 kilometer perjam, atau lima kali lipat dibandingkan rata-rata pergerakan bintang. Artinya dengan asumsi tersebut, bintang-bintang aneh ini telah menjelajah ruang angkasa, sejauh 160 tahun cahaya.

Ada dua kemungkinan mengapa bintang-bintang tersebut melesat begitu cepat. Bisa jadi, bintang-bintang tersebut salah satu bintang dalam sistem bintang ganda yang meledak sebagai supernova, sehingga terpental jauh.

Kemungkinan lainnya, bintang tersebut merupakan hasil tabrakan dua bintang ganda yang menghasilkan objek baru yang terdepak keluar klusternya.

sumber : http://siradel.blogspot.com/2010/10/bintang-bintang-pemburu-muda-yang.html

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Blogger