tattoos

Saturday, March 19, 2011

Headline

Robot dirancang seperti ubur-ubur agar bisa berenang. Uniknya, robot ini bukan terbang di air melainkan udara. Seperti apa?

Robot yang dikembangkan perusahaan bernama Festo ini diberi nama AirJelly. Robot ini memiliki tubuh utama seperti balon, lengkap dengan delapan tentakel. Tubuh utama AirJelly diisi helium agar ia bisa mengambang.

Tentakel robot ini ditenagai motor listrik. Tentakel ini bertugas sebagai penggerak AirJelly di udara sesuai prinsip peristaltik propulsi. Dalam video YouTube, tampak AirJelly bergerak anggun seperti ubur-ubur berenang di air.

Tak hanya ke atas, robot ini juga bisa bergerak bebas di ruang tiga dimensi. Festo mengatakan seperti dikutip TalkingScience, prinsip gerak dalam air yang akan diterapkan pada transportasi udara telah lama menjadi perhatian ilmuwan dunia.

Namun, upaya pengembangan gerakan mahluk air itu ke benda terbang masih sangat jarang.

"Bisakah prinsip propulsi ubur-ubur dalam air dipakai pada benda terbang? Mungkinkah suatu benda melayang di udara seperti ubur-ubur berenang di air?" ujar Festo saat menjawab pertanyaan seputar AirJelly.

AirJelly memiliki tentakel yang berbeda dengan ubur-ubur asli. Uniknya, tentakel ini dirancang berdasarkan sirip ikan. Untuk bergerak bebas, AirJelly menggunakan pendulum di bagian atas. Gerakan pendulum akan menggeser pusat massa AirJelly sehingga tubuhnya akan bergerak sesuai perubahan itu.






sumber : http://teknologi.inilah.com/read/detail/1336062/robot-ubur-ubur-ini-berenang-di-udara

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Blogger