tattoos

Friday, March 12, 2010


Diamond Ring, salah satu bentuk gerhana matahari[/caption]

Pada tanggal 26 Januari 2009 sore (kebetulan hari libur) akan terjadi gerhana matahari cincin.  Di Jakarta nanti pada jam 16-17 WIB, bulatan surya akan menyerupai sabit.  Lebih istimewa di Lampung dan Samarinda, karena di sana matahari tampil sebagai cincin yang terang.

Peristiwa gerhana matahari sering membuat heboh, padahal itu gejala alam yang biasa meskipun tergolong agak langka.  Salah satu penyebab gempar ialah kekuatiran tentang keselamatan mata, ketakutan bahwa melihat gerhana itu mengakibatkan buta.



Pupil


Seperti diafragma pada kamera, mata manusia mempunyai pupil yang dapat melebar atau menyempit untuk menakar jumlah cahaya yang memasuki mata.  Pada suasana gelap, diameter pupil membesar sampai 8 mm supaya terkumpul cukup cahaya yang memungkinkan orang melihat dalam kegelapan. 


Di siang hari yang terik, diameternya menyusut hingga 2 mm, bahkan mampu mengecil sampai sekitar 1,6 mm jika berhadapan dengan cahaya yang menyilaukan.


Tetapi penakaran cahaya oleh pupil ada batasnya, tidak kuasa menghalangi pancaran cahaya matahari yang begitu hebat.  Jika dihitung, cahaya langsung dari sang surya mesti dilemahkan 50.000 kali supaya menjadi aman bagi mata, dijadikan 0,00002 kekuatan semula.  Kalau tidak, orang yang nekad menantang matahari memang berpeluang menjadi buta.


Karena itu sehari-harinya silau pancaran matahari selalu dihindari.  Tetapi ketika gerhana tiba, orang bisa tertarik untuk mengamati wajah sang surya yang sedang berubah menjadi sabit.  Lupa daratan pun mungkin terjadi, abai terhadap bahaya.


Soalnya pada saat gerhana, pancaran surya dihalangi sebagian oleh bulan sehingga alam menjadi redup dan pupil mata pun membesar.  Tepat di saat orang mendongak ke atas menatap matahari, pupil belum sempat bereaksi, padahal kecerahan permukaan matahari tetap sama dahsyatnya dengan sehari-hari, ukurannya saja yang susut membentuk sabit. 


Sudah tentu luar biasa besar bahaya kebutaan yang mengancam.  Lebih-lebih jika melihat melalui teropong, kamera atau instrumen optik lain yang tidak dimodifikasi, karena ada lensa di situ yang memusatkan cahaya dan sangat meningkatkan bahaya.  


Jangan pernah melihat gerhana matahari dengan mata telanjang, apalagi dengan teropong atau kamera yang tidak dilengkapi dengan khusus.





Kotak


[caption id="attachment_644" align="alignleft" width="300" caption="Kotak Pemantau Gerhana"]Kotak Pemantau Gerhana[/caption]

Tidak usah risau, ada sejumlah cara aman untuk mengamati peristiwa yang belum tentu setahun sekali menyinggahi daerah yang sama.  Prinsip yang banyak dipakai ialah bukan melihat langsung tetapi menyaksikan citra matahari pada suatu permukaan.  Seperti cara yang lain, tentu dibutuhkan cuaca yang cerah.  Sebuah contoh sederhana berwujud kotak karton yang dapat dibuat sendiri (lihat gambar).

 

Bidang atas seluas kira-kira 30cm x 30cm diberi lubang kecil (sering disebut pinhole) berdiameter sekitar 1 mm pada jarak 5cm dari tepi.  Melalui lubang ini, cahaya matahari nanti menerobos untuk membentuk citra pada permukaan dalam di bidang bawah.  Makin tinggi ukuran kotak, citra matahari semakin besar.  Tetapi demi praktisnya, cukuplah jika tinggi kotak antara 50 sampai 80 cm.


Selanjutnya pada tepi bidang atas dibuat lubang melebar sebagai tempat secukupnya bagi kedua mata untuk mengintip ke dalam kotak.  Dalam pemakaian, dengan membelakangi matahari, kotak dipegang sambil mata mengintip ke dalam. Kotak dimiring-miringkan sedikit untuk menemukan arah terbaik yang menghasilkan citra matahari pada bidang bawah.


Dua alasan yang membuat kotak ini aman.  Pertama karena lubang kecil hanya membolehkan sedikit pancaran matahari yang masuk.  Kedua karena kita mengamati dengan membelakangi matahari, menjauhkan mata dari sorotan sang surya.


Prinsip yang sama juga ditemui di tempat lain.  Mereka yang tidak sempat membuat kotak dapat bersiap di bawah pohon yang masih meloloskan sedikit cahaya matahari, sehingga dalam keadaan biasa menampakkan bulatan-bulatan terang di tanah.  Coba perhatikan bulatan-bulatan kecil itu, pada saat gerhana matahari bentuknya menjadi sabit.  Apabila angin berhembus menggoyang dedaunan, sabit-sabit terang itupun bergerak lucu berkeliaran.


Sumber : http://netsains.com/2009/01/mengamati-gerhana-matahari-secara-aman-dan-sederhana/

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Blogger