tattoos

Saturday, February 5, 2011

img

Selama ini tato diketahui sebagai salah satu bentuk seni untuk mengekspresikan sesuatu. Tapi kini tato juga bisa digunakan untuk kepentingan medis yang dikenal dengan medical tattoo.

Tato merupakan bentuk seni yang melekat selamanya di tubuh, hingga kini belum ada satupun teknik yang dapat menghilangkan tato dengan sempurna. Meskipun belum ada kasus seseorang sakit serius akibat menato, tapi ada risiko infeksi jika alat yang digunakan tidak steril atau tintanya mengandung bahan berbahaya.

Namun tato yang digunakan dalam bidang medis memiliki tujuan untuk menyembuhkan suatu penyakit atau memperbaiki penampilan seseorang, meskipun kadang harus dilakukan pada daerah yang sulit.

Tato yang digunakan dalam bidang medis bukan bertujuan untuk memenuhi hasrat seseorang yang ingin memiliki tato di tubuhnya, tapi merupakan metode pengobatan penyakit dengan tujuan dan aturan yang berbeda.

Jenis tato ini terutama di praktikkan dalam bidang terapi kanker radiasi. Umumnya pengobatan untuk kanker berlangsung lama yaitu selama beberapa bulan dan daerah yang akan diradiasi ini akan ditandai dengan tato.

Metode ini merupakan yang terbaik dan bisa diandalkan untuk menandai daerah yang terkena atau terinfeksi dan sedang diobati, sehingga para dokter tidak perlu menelusuri keseluruhan daerah tubuh serta membantu para ahli onkologi untuk mengikuti jalur pengobatan yang tepat.

Selain itu juga ada tato medis yang digunakan untuk tujuan rekonstruksi atau dikenal sebagai medical micropigmentation, yaitu suatu perawatan yang mana menanamkan pigmen di kulit.

Jenis tato medis ini digunakan untuk beberapa tujuan seperti dikutip dari Dermaticians.co.uk, Rabu (2/2/2011) yaitu:
  1. Untuk menyamarkan jaringan parut yang timbul akibat luka bakar atau trauma.
  2. Melakukan tato celah bibir untuk mengembalikkan dan menyeimbangkan operasi bibir selanjutnya.
  3. Pasien yang menjalani operasi payudara dan membutuhkan perbaikan area puting yang kompleks.
  4. Untuk mengatasi rambut rontok atau alopecia.

Tato untuk keperluan rekonstruksi ini biasanya diikuti dengan perawatan setelah operasi untuk membantu memulihkan penampilan kulitnya yang hilang atau rusak menjadi lebih baik. Namun tinta yang digunakan untuk jenis tato ini umumnya akan bekerja lebih baik pada orang yang memiliki kulit lebih gelap.

Tato untuk kepentingan medis ini akan dilakukan oleh para ahli yang mana sebelumnya telah melakukan konsultasi untuk menentukan kondisi pasien seperti karakteristik kulit dan juga gaya hidupnya.

sumber : http://health.detik.com/read/2011/02/02/160105/1559144/763/tato-medis-bukan-untuk-gaya-gayaan?ld991107763

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Blogger